Data Analyst dan Data Scientist

data_scientist

Gambar diambil dari edureka.co

 

Seiring kian populernya Big Data ada satu jenis pekerjaan lagi yang mulai populer yaitu Data Scientist. Apa pula pekerjaan baru ini? Dan apa bedanya dengan data analyst?

Ada beberapa yang menyatakan keduanya adalah sama. ada juga yang mengatakan bahwa Data Scientist adalah data Analyst yang tinggal dan bekerja di Amerika. Karena menurut mereka kedua profesi ini sama saja. Tapi karena profesi ini muncul baru akhir-akhir ini ketika Big Data keluar maka saya pribadi menyatakan kedua profesi ini berbeda walaupun bisa saja satu orang memiliki kedua kemampuan sebagi Data Analyst sekaligus Data Scientist.

Ada beberapa pendapat yang mendukung pendapat saya ini. Berikut ringkasan yang saya dapat mengenai perbedaan kedua profesi ini.

Data analyst atau juga kadang disebut Business Data Analyst adalah profesi yang mengamati data, mencari pola dari data tersebut yang menunjukkan kondisi dari suatu perusahaan. Pada umumnya data analyst menggunakan data yang dihasilkan dari aplikasi Business Intelligence (BI). Data analyst memiliki kemampuan mendalam di bidang bisnis yang digeluti oleh perusahaan tersebut. Dengan kemampuannya tersebut maka pola dari data yang diterima oleh aplikasi seperti BI bisa di visualisasikan. Pola-pola data ini pada umumnya bersifat umum yang banyak dialami oleh perusahaan yang sejenis.

Data analyst sudah sering kita kenal jauh sebelum teknologi Big Data. Semua aplikasi business intelligence, data mining dan data warehouse membutuhkan data analyst untuk menterjemahkan data. Data tersebut perlu di terjemahkan ke dalam kalimat yang dipahami oleh level top management. Sehingga diketahui misalnya apakah penjualan naik / turun berapa persen dan sebagainya tergantung dari jenis data yang dihasilkan.

Sekarang tentang Data Scientist sendiri itu apa? Data scientist sesuai dengan namanaya adalah seorang scientist atau ilmuwan. Seperti layaknya ilmuwan, data scientist melakukan experimen-experimen untuk menemukan hal-hal baru yang nantinya bermanfaat untuk perusahaan. hal-hal baru ini bisa jadi merupakan pola-pola yang tidak umum terjadi atau tidak umum diketahui oleh perusahaan sejenis. Dengan menemukan pola-pola baru inilah, perusahaan bisa mendapatkan keuntungan daripada kompetitor mereka. Seringkali, kemenangan dalam persaingan bisnis ditentukan oleh kemampuan data scientist yang menganalisa data tersebut. Contoh pola yang dicari data scientist misalnya pola atau model rekomendasi item yang biasa digunakan di web site e-commerce seperti Amazon atau misalnya seperti di Netflix. Pola atau model rekomendasi ini meskipun namanya sama tentunya berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya karena karakteristik konsumennya, jenis barang yang ditawarkan dsb-nya. selain itu

Data scientist diperlukan untuk menganalisa data dalam jumlah banyak yang terdapat dalam sistem Big Data. Seorang Data Scientist harus memiliki kemampuan di tiga bidang. Pertama adalah kemampuan tentang business logic di bidang yang digeluti oleh perusahaan yang sedang dia tangani, seperti halnya data analyst. Kedua adalah kemampuan statistika dan matematika yang cukup untuk mengetahui pola-pola data berikut dengan algortimanya. Ketiga adalah kemampuan menggunakan tools dari sistem Big Data yang membantunya dalam mengolah dan menganalisis data seperti misalnya aplikasi Machine Learning Apache Mahout dan Apache Spark.

Banyak perusahaan yang sekarang mencari Data Scientist ini. Karena sehebat apapun infrastruktur Big Data yang dimiliki, tanpa kehadiran Data Scientist akan menjadi sia-sia atau tidak maksimal. Semoga tulisan ini membantu.

Iklan

3 thoughts on “Data Analyst dan Data Scientist

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s